Pati Bumi Mina Tani

Kelas VIII

Kegiatan anak kelas VIII untuk TIK adalah pengenalan “Perangkat Lunak Pengolah Kata OpenOffice.Org Writer”. Ada beberapa keuntungan dengan program ini, a.l.: (1) Free Software, (2) format dokumen (.odt) bisa dibuka pada AbiWord, Starwriter dll, (3)  tidak rentan virus, (3) Dapat membuka fle yang dibuat dengan  Microsoft Word dengan baik, (4) Dapat  menyimpan  fle  dengan  format  Microsoft Word,  sehingga  dapat  dibuka dengan baik juga oleh Microsoft Word.,(5) Tersedia untuk sistem operasi   Linux, Windows, Mac, dan Solaris.(6) Tersedia versi portable (tanpa harus diinstal ke komputer)

Pada tahap berikutnya anak-anak dijelaskan untuk bisa mengenali dan memahami bagian komponen-komponen dari jendela kerja OpenOffce.org
Writer melalui layar LCD dari hasil download Buku BSE kelas VIII, dan jika anda ingin mendapatkan silakan klik disini atau pada beberapa link tautan berikut: http://fileserver.jardiknas.org/pusbuk/;ftp://kambing.ui.edu/bse/pdf/; http://opensource.telkomspeedy.com/bse/pdf/; http://bse.invir.com/;http://bse.ictjogja.net/; http://ulinnuha1.blogdetik.com/2009/08/07/download-%E2%80%98unduh%E2%80%99-buku-sekolah-elektronik-bse-pdf-dan-zip-pada-mirror-server; dan lainnya. Selamat mencoba.

Materi kelas VIII pada hari ini melanjutkan praktik pengenalan perintah pendek pada tombol printscreen, setiap anak membuka dua layar / program: yang pertama openoffice.org (OOO) dengan Ctrl O untuk membuka pekerjaan yang lama, kemudian saya terangkan tentang sederet perintah pendek pada keyboard bagian atas mulai F1 hingga F12 yang juga dipadukan dengan tombol Ctrl.

Tombol PrintScreen juga saya perkenalkan. Setelah menekan tombol Printscreen, maka ditindaklanjuti dengan Ctrl V pada lembar kerja OOO dan hasilnya muncul data gambar seperti saat menekan tombol Printscreen. Apa obyek untuk tombol Printscreen? Obyeknya adalah bekerja dengan Internet untuk kecepatan mengetik pada alamat klik disini

Hal itu dilakukan hingga menghasilkan tujuh printscreen pada lembar kerja, sebagai contoh hasil printscreen sbb:

100, 101, dan seterusnya sampai menghasilkan tujuh.

Langkah berikutnya dengan melakukan crop pada obyek 100 ataupun 101, seperti berikut ini102. Dengan cara ini anak-anak bersemangat dan kita sebagai guru tinggal mengontrol sambil membetulkan kalau cara kerjanya tidak benar. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s