Pati Bumi Mina Tani

QUR’AN

Di antara 10 keutamaan Al-Qur’an

1. Firman Allah Ta ‘ala :
Dan Kami turunkan kepadamu Al-Kitab (Al-Qur’an) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri. ” (An-Nahl: 89)

2. Firman Allah Ta’ala .
Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan kitab yang menerangkan. Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus. ” (Al-Ma’idah: 15-16)

3. Firman Allah Ta ‘ala :
Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (Yunus: 57)

4. Sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam :
Bacalah Al-Qur’an, karena ia akan datang pada hari Kiamat sebagai pemberi syafa ‘at bagi pembacanya. ” (HR. Muslim dari Abu Umamah)

5. Dari An-Nawwas bin Sam’an radhiallahu ‘anhu, katanya : Aku mendengar Rasul shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :
Didatangkan pada hari Kiamat Al-Qur’an dan para pembacanya yang mereka itu dahulu mengamalkannya di dunia, dengan didahului oleh surat Al Baqarah dan Ali Imran yang membela pembaca kedua surat ini. ” (HR. Muslim)

6. Dari Utsman bin Affan radhiallahu ‘anhu, katanya: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya. ” (HR. Al-Bukhari)

7. Dari Ibnu Mas’ud radhiallahu ‘anhu, katanya: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf; tetapi alif satu huruf; lam satu huruf dan mim satu huruf. ” (HR. At-Tirmidzi, katanya: hadits hasan shahih)

8. Dari Abdullah bin Amr bin Al ‘Ash radhiallahu ‘anhuma, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ”Dikatakan kepada pembaca Al-Qur’an: ”Bacalah, naiklah dan bacalah dengan pelan sebagaimana yang telah kamu lakukan di dunia, karena kedudukanmu adalah pada akhir ayat yang kamu baca. ”(HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi dengan mengatakan: hadits hasan shahih).

9. Dari Aisyah radhiallahu ‘anhu, katanya: Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
Orang yang membaca Al-Qur’an dengan mahir adalah bersama para malaikat yang mulia lagi taat, sedangkan orang yang membaca Al-Quran dengan tergagap dan susah membacanya baginya dua pahala. ” (Hadits Muttafaq ‘Alaih).
Dua pahala, yakni pahala membaca dan pahala susah payahnya.

10. Dari Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :
”Tidak boleh hasut kecuali dalam dua perkaua, yaitu: orang yang dikaruniai Allah Al-Qur’an lalu diamalkannya pada waktu malam dan siang, dan orang yang dikaruniai Allah harta lalu diinfakkannya pada waktu malam dan siang ”(Hadits Muttafaq ‘Alaih).
Yang dimaksud hasut di sini yaitu mengharapkan seperti apa yang dimiliki orang lain. [Lihat kitab Riyadhus Shaalihiin, hlm. 467-469]

Maka bersungguh-sungguhlah -semoga Allah menunjuki Anda kepada jalan yang diridhaiNya untuk mempelajari Al-Qur’anul Karim dan membacanya dengan niat yang ikhlas untuk Allah Ta’ala. Bersungguh-sungguhlah untuk mempelajari maknanya dan mengamalkannya, agar mendapatkan apa yang dijanjikan Allah bagi para ahli Al-Qur’an berupa keutamaan yang besar, pahala yang banyak, derajat yang tinggi dan kenikmatan yang abadi. Para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dahulu jika mempelajari sepuluh ayat dari Al-Qur’an, mereka tidak melaluinya tanpa mempelajari makna dan cara pengamalannya.

7 Alasan untuk Baca Qur’an

(1) Orisinil

Maksudnya bagaimana? Meski sudah sekian abad tetap utuh, terjaga orisinilnya, sehingga Allahpun mengatakan Jika semua mahluk berkumpul untuk bekerjasama membuat seperti Al Quran meskipun sebagian kecil tidaklah akan bisa. Quran sejak empat belas ratusan tahun yang lalu dan belum seorang pun telah mampu membuktikan hal itu. Miliaran buku telah ditulis – tetapi tidak seperti Quran.

(2) Abadi:

Sejak awal hingga sekarang dan sampai kapanpun Quran itu tetap utuh dan terjaga keasliannya. Untuk menjaganya disamping hak Allah, juga banyak manusia – muslim muslimat yang hafal Al Qur’an.

(3) Kitab terakhir

Quran adalah wahyu terakhir Allah kepada manusia. Allah memberikan Taurat kepada Musa, Mazmur kepada Daud, Injil kepada Yesus, dan akhirnya kepada Muhammad adalah Quran. Semuanya telah disampaikan kepada umatNya. Tidak ada kitab suci lain akan datang dari Tuhan sesudah Al Qur’an.

(4) Pasti benar

Quran telah teruji sepanjang waktu. Tidak ada yang dapat membantah kebenaran dari buku ini. Ia berbicara sejarah masa lalu dan ternyata benar. Ia berbicara tentang masa depan dalam nubuat dan ternyata benar. Ia menyebutkan rincian fenomena fisik yang tidak diketahui orang pada saat itu; tetapi kemudian penemuan ilmiah pastikan bahwa Qur’an itu benar. Setiap buku lainnya perlu direvisi sesuai dengan pengetahuan modern. Quran sendiri tidak pernah bertentangan dengan penemuan modern.

(5) Pedoman untuk Hidup di dunia dan akhirat:

Quran adalah buku pedoman terbaik tentang bagaimana pola hidup Anda. Tidak ada buku lain menyajikan seperti sistem yang komprehensif yang melibatkan semua aspek kehidupan manusia. Quran juga menunjukkan cara untuk menggapai kebahagiaan abadi di akhirat. Ini adalah peta jalan Anda  untuk sampai ke surga.

(6) Obat dari Allah

Allah tidak meninggalkan Anda sendirian. Anda dibuat karena suatu alasan. Tuhan memberitahu Anda mengapa dia membuat Anda, apa yang dituntut dari Anda dan Quran adalah adalah rahmat penyembuhan dari Allah. Ia bisa memuaskan jiwa, dan membersihkan hati, menghapus keraguan dan membawa perdamaian.

(7) Calling Card Anda untuk berkomunikasi dengan Allah:

Manusia adalah makhluk sosial. Kami mencintai untuk berkomunikasi dengan kehidupan cerdas lainnya. Quran memberitahu kita bagaimana berkomunikasi dengan sumber intelijen semua dan sumber segala kehidupan kepada Tuhan Yang Esa. Quran mengatakan kepada kita siapa Allah itu, dan cara berkomunikasi dengan Allah utamanya adalah Suratul Fatihah.

Jika anda ingin bahagia dunia dan akhirat, maka baca, pahami dan amalkan Al Qur’an. Allah menjamin bukan Insya Allah tetapi PASTI berhasil dan disayang oleh-Nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s