Pati Bumi Mina Tani

14 November

Tanggal itu bertepatan dengan hari kelahiranku pada empat puluh sembilan tahun yang lalu, dan hari ini pas hari Minggu. Setiap ultahku aku berusaha untuk meningkatkan aktivitas baik sebagai hamba, sebagai orang tua ataupun sebagai bagian dari masyarakat.
Sedang asyiknya melakukan edit atau revisi tesis temanku tiba-tiba telepon berdering, ada info tentang pekerjaan bagi anakku yang pambayun. Karena di ibukota, maka tak tega rasanya hati untuk membiarkan dia pergi sendiri. Siang itu langsung aku mencari tiket ke Pulau Gadung dua lembar. Awal perjalanan sudah ada indikasi tidak beres pada bus yang aku naiki, dan benar sesampai di Garasi bus tersebut langsung kami harus pindah menggunakan bus lainnya. Selama perjalanan banyak perbaikan jalan dan bahkan jalur Indramayu harus dihindari sehingga kami melewati Sadang, kasihan bagi mereka yang pukul 7.30 WIB sudah harus absen – jelas tak akan terwujud. Pukul 08.00 baru sampai di Pulau Gadung. Usai mandi dan sarapan di terminal, kami ambil angkot no. 028 untuk menuju ke PT yang dituju.
PT tersebut bergerak dalam layanan jasa Eksport import kontainer, kalau melihat background disiplin ilmunya sebenarnya tidaklah cocok untuk anakku. Anakku dari Teknik Nuklir, PT tersebut bidang Eksim, semuanya terserah dia – saya hanya mengantarkan dan hitung-hitung sekaligus latihan untuk menambah pengalaman. Pengalaman wawancara, pengalaman cari duit, dan yang lebih penting bisa bersilaturrahiim dengan adik dan keponakanku. Usai bertemu hari itu juga aku berpamitan dan meninggalkan anakku tepat pukul empat belas bus Tri Sumber Urip Jurusan Jakarta Tuban berangkat dan sampai di rumah Pati pukul dua dini hari, langsung sholat dan berserah diri padaNya agar dipilihkan yang terbaik untuk anak-anakku.Ironis sekali baik berangkat maupun pulang dalam satu bus yang penuh penumpang ternyata yang menjalankan ibadah sholat tidak ada lima jari tangan. Semoga kami sekeluarga tetap diberikan kekuatan iman, islam dan ikhsan. Amiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s