Pati Bumi Mina Tani

Sumber Listrik Nirkabel

INILAH.COM, Cambridge – Peneliti Amerika Serikat (AS) berhasil membuat solusi baru memanfaatkan cahaya matahari untuk menghasilkan listrik tanpa adanya kabel. Bagaimana?

Peneliti berhasil membuat ‘daun’ buatan dari silikon yang mampu menggunakan cahaya matahari guna memisahkan air menjadi hidrogen dan oksigen untuk memberi ‘makan’ sel bahan bakar untuk menghasilkan listrik.

“Teteskan pada gelas, keluar dan taruh di bawah matahari, gelembung hidrogen dan oksigen akan mulai muncul,” ujar profesor Daniel Nocera dari MIT yang menciptakan alat ini.

Daun ini dapat memecahkan tantangan yang ada dalam tenaga surya, yakni cara menyimpan energi yang dihasilkan matahari agar bisa digunakan saat hari berawan.

Menggantikan mengisi ulang baterai, energi bisa disimpan sebagai gas oksigen dan hidrogen yang kemudian dipadukan dalam sel bahan bakar untuk menghasilkan listrik.

Selanjutnya, meningkatkan teknologi ini untuk menghasilkan cukup hidrogen dan oksigen untuk sel bahan bakar yang memberi listrik pada mobil atau rumah.

“Saya suka teknologi ini karena kesederhanaannya. Saya tak buruh kabel atau semacamnya. Itulah yang dilakukan daun, daun mengambil cahaya matahari dan membuat arus nirkabel seperti yang terjadi pada teknologi ini,” tutupnya seperti dilaporkan UPI. [mor]

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.